PERBEDAAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI

Perbedaan antara Studi Antropologi dengan Studi Sosiologi

1. Antropologi

Antropologi adalah suatu studi yang mempelajari tentang kehidupan manusia baik dari segi fisik, sosial dan budayanya.  Sebagai salah satu cabang ilmu antropologi juga sebuah studi yang mempelajari tentang budaya yang ada pada kalangan masyarakat dalam suatu etnis tertentu. Tentunya antropologi lebih juga menitikberatkan pada personal dan penduduk yang merupakan masyarakat tunggal. tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama. Pada studi Antropologi juga berpusat pada kajian obyek studinya terhadap manusia. Berbeda dengan studi sosiologi yang memusatkan kajian obyek studinya terhadap masyarakat.

Metode penelitian pada studi Antropologi

1.      Deskriptif: memberi pelukisan/gambaran tentang kehidupan manusia dari berbagai tempat dan waktu

2.      Holistik: mengkaji kehidupan manusia dari sudut tinjauan yang jamak dan memetakannya ke dalam suatu gambaran yang total dan menyeluruh.

3.      Komparatif: membandingkan kesamaan dan perbedaan ciri-ciri fisik dan budaya manusia. ada dua cara yakni secara diakronik (memperbandingkan lintas waktu) dan sinkronik (memperbandingkan lintas tempat)

4.      Kualitatif: yang dapat menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara Observasi dan Wawancara.

2. Sosiologi

Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat, perilaku masyarakat, dan perkembangan masyarakat. Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dan studi sosiologi ini lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya. Dalam hal ini sosiologi juga banyak mempelajari mengenai interaksi sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat. Kajian obyek studi dari Sosiologi adalah masyarakat berbeda dengan Antropologi yang kajian obyek studinya pada manusia. Di bawah ini merupakan ruang lingkup yang dikaji oleh Studi Sosiologi

Pada  metodologi yang digunakan Sosiologi juga berbeda dengan metodologi studi Antropologi. Kami juga akan menjelaskan mengenai metodologi Studi pada Sosiologi yakni dengan menggunakan metode Kuantitatif dan Kualitatif.

Mengenai metode Kuantitatif dapat diartikan bahwa dalam metodologi menggunakan data/ informasi berupa angka-angka, sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan menggunakan skala, indeks, tabel-tabel dan formula formula yang menggunakan ilmu pasti atau matematika.à BAHASA: HIPOTESIS, VARIABEL DAN PENGUKURAN.

Pada metode kualitatif yakni Mengutamakan data/informasi yang sulit dapat diukur dengan angka angka atau ukuran yang bersifat eksak. Misalnya data yang berkenaan dengan wacana , makna dan  konstruksi  sosial  yang perlu pemahaman (verstehen) à BAHASA: KASUS DAN KONTEKS.

Tradisi " KENDUREN "


No

Perbedaan antara Studi Antropologi dengan Studi Sosiologi

Antropologi

Sosiologi

1

Obyek kajian terhadap budaya yang ada pada  manusia Obyek kajian studi lebih dipusatkan pada Masyarakat

2

Metode penelitian menggunakan Deskriptif, Kualitatif, Holistik, dan Komparatif Metode penelitian lebih dipusatkan pada Kuantitatif daripada kualitatif karena sosiologi mempelajari kehidupan masyarakat dan harus mengunakan data statistik untuk mendapatkan data yang otentik dan valid.

3

Antropologi mempelajari tentang budaya yang ada pada kalangan masyarakat dalam suatu etnis tertentu. Tentunya antropologi lebih juga menitikberatkan pada personal dan penduduk yang merupakan masyarakat tunggal Ranah keilmuan banyak mempelajari segala hal tentang masyarakat hingga solusi-solusi yang menciptakan integrasi masyarakat.
About these ads

6 Komentar (+add yours?)

  1. Eny Reeva
    Des 20, 2011 @ 03:57:53

    Tengs ya…. Tulisan anda sangat membantu.

    Balas

  2. kupiid
    Feb 09, 2012 @ 22:40:11

    thanyou bangetttttt yaaaaah .. :)

    Balas

  3. irfan
    Mar 07, 2012 @ 10:35:32

    terimakasih,,,,,,,karya anda sangat memberi wawasan,,,,tentang ilmu sosial.

    Balas

  4. Noval
    Mei 24, 2012 @ 04:14:10

    thanks buat infox…

    Balas

  5. noval
    Jun 05, 2012 @ 03:28:01

    ooo..gitu ya….jadi intix antropologi mempelajari individu dan kepribadianx secara umum dan sosiologi mempelajari masyarakat dan segala tingkah lakunya….gitu ya,mass bro???

    Balas

  6. risna
    Agu 03, 2012 @ 06:01:22

    jadi intinya perbedaan antara antropologi dan sosiologi terletak pada objek kajian nya

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: