Antropologi

PENGANTAR ANTROPOLOGI

Pengertian-Pengertian Istilah :

ALKULTURASI :

-) Perubahan yang berdampak besar dalam suatu kebudayaan yang terjadi sebagai hasil atu akibat dari adanya kontak antar kebudayaan yang berlangsung lama. Alkulturasi dapat terjadi bila kelompok-kelompok individu yang memiliki kebudayaan yang berbeda saling berhubungan secara langsung dengan intensif, dan dengan itu timbullah kemudian perubahan-perubahan besar pada pola kebudayaan dari salah satu atau kedua kebudayaan yang bersangkutan. Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri (http://id.wikipedia.org/wiki/Akulturasi)

-) Akulturasi pengertian yang telah disepakati oleh para ahli adalah proses sosial yang timbul bila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing, sehingga unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu. Apabila diperhatikan prosesnya akulturasi terjadi dalam dua cara, yaitu:

1. Akulturasi damai (penetration pasifique), terjadi jika unsur-unsur kebudayaan asing dibawa secara damai tanpa paksaan dan disambut baik oleh masyarakat kebudayaan penerima.

2. Akulturasi ekstrim, terjadi dengan kekerasan, perang, penaklukkan, akibatnya unsur-unsur kebudayaan asing dari pihak yang menang dipaksakan untuk diterima di tengah-tengah masyarakat yang dikalahkan. Serta merupakan proses pengambil alihan unsur-unsur (sifat) kebudayaan lain oleh sebuah kelompok atau individu. Adalah suatu hal yang menarik ketika melihat dan mengamati proses akulturasi tersebut sehingga nantinya secara evolusi menjadi Asimilasi (meleburnya dua kebudayaan atau lebih, sehingga menjadi satu kebudayaan). (http://www.geocities.com/liacybercampus/lingua1)

SUBTITUSI :

Perubahan bahkan dalam tingkatan pergantian unsure atau kompleks unsure-unsur kebudayaan yang ada sebelumnya diganti oleh yang ada atau yang memenuhi fungsinya atau  oleh yang lain yang mengambil alih fungsinya, dengan perubahan structural yang minimal bahkan dalam konteks melibatkan perubahan structural yang hanya kecil sekali.

SINKRETISME :

Unsure-unsur lama dalam suatu kebudayaan bercampur atau berpadu dengan unsure yang baru dan membentuk sebuah system baru dan kemungkinan besar dengan perubahan kebudayaan yang berarti sehingga sangat dirasakan oleh proses perubahan dalam suatu  kebudayaan. Secara etimologis, sinkretisme berasal dari kata syin dan kretiozein atau kerannynai, yang berarti mencampurkan elemen-elemen yang saling bertentangan. Adapun pengertiannya adalah suatu gerakan di bidang filsafat dan teologi untuk menghadirkan sikap kompromi pada hal yang agak berbeda dan bertentangan. (http://idanxfiz.blogspot.com/2008/05/sinkretisme.html)

ADISI ( ADDITION ) :

Penambahan unsure atau kompleks-kompleks baru, dimana unsure-unsur atau kompleks baru tersebut ditambahkan pada yang lama, dan dalam proses ini dapat terjadi atau tidak terjadi sebuah perubahan structural, dan dapat dikatakan bahwa hal ini sangat menentukan dalam sebuah keterkaitan dengan kebudayaan.

DEKULTURASI :

Hilangnya bagian yang penting pada sebuah kebudayaan, dan dapat dijelaskan bahwa, di mana bagian substansial sebuah kebudayaan mungkin hilang atau berpisah dari sebuah struktur kebudayaan.

ORIJINASI ( ORGINATION ) :

Proses dimana tumbuhnya unsure-unsur baru yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan baru yang timbul dikarenakan oleh situasi yang berubah.

PENOLAKAN ( REJECTION ) :

Proses dimana perubahan-perubahan dapat terjadi dan berlangsung begitu cepat, sehingga sejumlah besar orang tidak dapat menerimanya, yang menyebabkan penolakan total atau menimbulkan penolakan sama sekali. Dan kemudian timbulnya pemberontakan, atau gerakan kebangkitan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: